Fashion, Lifestyle, Travel

Tips Gaya Mengenakan Stripe T-shirt

Source:pinterest
Source:pinterest

Hai sobat FBW!  kalian pasti punya  beberapa koleksi striped t-shirt yang lagi booming  belakangan  ini di lemari pakaian kalian, selain model striped t-shirt ini  menarik, striped t-shirt  juga gampang banget untuk di mix and match! Simak dan ikuti  beberapa tips berikut ini yuk!

  1. Kulot

Kulot, kalian pasti tidak asing lagi kan dengan celana yang satu ini. Celana dengan bentuk lebar dibagian bawah ini sedang amat digemari oleh kaum hawa. Kalian bisa memadukan atasan stripe t-shirt dengan kulot untuk tampilan casual dan stylish.

  1. Basic Outerwear

Nah, kalo kalian ingin tampil diacara semi  formal atau ingin terlihat lebih rapih namun tetap fashionable kalian bisa juga mengkombinasikan stripe t-shirt  dengan basic outer berwarna netral seperti hitam, putih, abu-abu, atau coklat cream.Biar penampilan kamu kelihatan tambah elegan!

  1. Rok

Untuk kalian yang ingin tampil feminim dan classy, kalian bisa padupadankan stripe t-shirt dengan skirt kalian juga lho! Padukan atasan stripe t-shirt dengan bawahan rok berwarna cerah seperti hijau, kuning, merah, atau serasikan dengan salah satu warna stripe t-shirt kalian  seperti hitam atau putih dan jangan lupa pakai sepatu dan tas dengan warna senada. Penampilan kalian jadi tambah manis deh!

  1. Jaket Denim or Jeans

Jaket denim atau jeans juga bisa jadi pilihan kalian, untuk makin terlihat keren dan modis. Padukan stripe t-shirt dengan jaket denim dan sepatu sneakers kesayanganmu.Cocok sekali untuk menemani aktivitas outdoor kamu supaya tak kepanasan terkena terpaan terik sinar matahari.

  1. Skinny Jeans

Buat kalian yang suka penampilan simple dan casual. Padukan stripe t-shirt dengan skinny jeans berwarna hitam,putih atau biru. Skinny jeans bisa  jadi pilihan yang tepat untuk kalian apalagi dikenakan ketika santai bersama sahabat atau travelling karena kalian akan bebas kesana kemari dengan nyaman dan ga ribet.

Nah, dari kelima tips diatas kalian bisa terapkan di aktivitas sehari-hari kalian lho sobat. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa tetap jadikan FBW Fashion #YourPartnerInStyle.

 

Fashion, Lifestyle, Travel

TIPS MEMILIH OUTFIT SAAT TRAVELING

Sudah mulai suntuk dengan aktivitas sekarang? Mungkin saatnya kamu meluangkan waktu untuk liburan. Selain memilih destinasi wisata, memilih busana yang nyaman saat liburan juga menjadi hal yang tak kalah penting. Agar gayamu tetap fashionable saat difoto nanti, FBW Fashion bakalan kasih tips memilih outfit buat traveling.

  1.    Kenakan pakaian yang longgar

Sebaknya jangan mengenakan baju ketat saat liburan. Jeans ketat atau jaket yang ketat akan membuatmu tidak leluasa untuk bergerak. Kenakan baju-baju yang lebih longgar agar kamu tetap nyaman saat liburan. Kamu bisa memadukan kaos juga celana trainingmu dengan sepatu kets favoritmu untuk menambah kesan sporty.

  1.    Kenakana pakaian dengan bahan yang jatuh dan ringan

Hindari pakaian dengan bahan yang berat karena akan memakan banyak tempat. Pakaian dengan bahan yang ringan dan jatuh akan lebih simpel. Dress berbahan kaos bisa jadi pilihan untuk menemani waktu liburanmu namun tetap menampilkan kesan yang menawan saaat bepergian.

  1.    Pakai sepatu yang nyaman, tanpa hak

Memakai sepatu dengan hak perlu dihindari ketika traveling. Akan lebih baik kalau kamu pakai sepatu flat atau sneakers yang nyaman. Selain bikin kakimu nggak sakit, juga membuatmu lebih fleksibel bergerak.

  1.       Bawa aksesoris seperti kecamata dan topi

Kacamata hitam dan topi bisa jadi fashion item yang boleh ketinggalan saat liburan. Kacamata dan topi dapat melindngi kamu di cuaca yang panas dan terik selain itu bisa membuat penampilanmu jauh lebih sylish.

Itu dia tips outfit saat liburan dari tim FBW Fashion. Kamu pastinya sudah memiliki pertimbangan masing-masing dalam memilih outfit, karena itu terkait dengan style dan kepribadian kamu dan yang paling penting adalah kamu merasa nyaman.

Fashion, Lifestyle

Daur Ulang Baju yang Sudah Tidak Terpakai Yuk!

Terlalu banyak pakaian yang menumpuk di lemari sering bikin pusing ya, gusy. Ternyata tidak sedikit yang memilih untuk membuang pakaian-pakaiannya. Padahal tindakan tersebut sangat berbahaya bagi lingkungan.

Pakaian-pakaian yang terbuang dan menumpuk di tanah ternyata melepaskan gas yang tergolong polutan udara, yang terdiri dari gas karbon dioksida dan metana. Selain itu, pakaian bekas yang dibuang bisa menjadi media berkembangnya bibit penyakit, dan dapat menyumbat saluran air sehingga menyebabkan banjir. Kamu nggak mau dong lingkunganmu tercemar dan menjadi sarang penyakit.

Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan pada pakaian bekasmu:

  • Kamu bisa daur ulang baju bekasmu menjadi barang baru dengan mengkreasikannya menjadi barang-barang serbaguna yang lebih bermanfaat. Seperti membuat keranjang serbaguna dari kaus bekasmu, mem buat tas ransel dari jeans bekas, dan sarung bantal dari kemeja yang sudah usang.

                                                   Kreasi Daur Ulang via pinterest.com

  • Berdonasi tidak hanya dalam bentuk uang. Kamu bisa mendonasikan baju-baju yang masih layak pakai ke badan sosial agar dapat disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Selain mengurangi isi lemari kamu sekaligus bisa berbuat baik untuk orang lain.

                                                                               Donasi Pakaian via situskartini.com

  • Kamu bisa menyumbangkan pakaian ke toko-toko yang memfasilitasi program recycle. Seperti yang dilakukan team FBW Fashion beberapa waktu yang lalu. Kami mengumpulkan pakaian yang sudah tidak terpakai dalam beberapa kantong kemudian kami membawanya ke H&M Gandaria City. Sejak tahun 2013, H&M menjalankan program mengumpulkan pakaian (garment collecting) yang dilakukan di seluruh dunia.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi jumlah pakaian yang dibuang ke tempat pembuangan sampah. Dengan mendaur ulang atau mendonasikan pakaianmu nilai guna mereka menjadi jauh lebih baik. Yuk daur ulang bajumu!

Lifestyle

FBW Fashion Peduli Gempa Palu dan Donggala

Jumat 28 September 2018 lalu menjadi duka tersendiri bagi warga Sulawesi Tengah. Gempa bumi sekuat 7,7 skala richter disusul dengan tsunami menerjang tanah mereka, tak henti di situ beberapa daerah terjadi likuifaksi sehingga mengubur ribuan korban jiwa dan meluluhlantakkan ribuan rumah. Palu dan Donggala menjadi daerah yang mengalami kerusakan parah. Banyak korban yang masih tertimbun tanah, para korban selamat terpaksa mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

Sesuai dengan Visi Misi FBW Fashion, yaitu untuk menjadi lokal brand yang peduli akan komunitas dan lingkungan sekitar kami, pada tanggal 8 Oktober 2018 FBW Fashion mendonasikan uang sebesar Rp. 5 juta kepada korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah melalui Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Kami ingin mengajak teman-teman semua untuk tergerak hatinya dan membantu mereka yang terkena bencana. Apapun yang bisa kita berikan pastinya sangat bermanfaat dan dapat meringankan beban para korban. Selain itu, mari kirimkan doa dan dukungan terbaik untuk mereka.

Perjuangan masih panjang, mari kita tunjukan nilai-nilai gotong royong sebagai bangsa Indonesia yang besar dan kita juga selalu doakan keamanan dan kesejahteraan tanah air kita tercinta.

Batik, Fashion, Lifestyle

Gaya Busana Pria yang Cocok untuk Acara Pesta Pernikahan

Sudah masanya kamu mendapatkan banyak undangan pernikahan dari teman-temanmu. Pesta pernikahan pastinya jadi acara penting untuk kedua mempelai, jangan sampai kamu datang dengan baju pesta yang aneh ataupun berlebihan. Buat para cowok, kamu nggak perlu bingung kok dalam memilih baju pesta, yang paling penting adalah kamu merasa nyaman. Namun, kamu juga harus menyesuaikan dengan tema pesta pernikahan dan sesuai dengan kepribadianmu.

FBW Fashion bakalan kasih tahu 5 gaya pakaian yang bisa kamu kenakan saat menghadiri acara pesta pernikahan.

  1. Kemeja Polos

Siapa sih yang nggak punya kemeja polos? Pasti kebanyakan dari kalian punya outfit yang satu ini. Kemeja polos bisa kamu padu padankan dengan dasi kupu-kupu. Pasti akan bikin penampilanmu lebih menarik.

  1. Kemeja Motif

Jika bosan dengan kemeja polos, kamu bisa pakai kemeja bermotif. Pilih motif yang sesuai dengan kesan yang ingin kamu tampilkan. Usahakan pilih motif yang lembut atau samar-samar. Kamu bisa mengenakan kemeja motif lengan pendek untuk pesta siang hari, dan pilih kemeja motif lengan panjang untuk acara pesta pada malam hari.

  1. Batik Lengan Panjang

Kemeja  Batik bisa juga jadi pilihan utama. Selain dapat menunjukkan kecintaan pada budaya bangsa, batik lengan panjang bisa membuatmu tampil lebih elegant. Kamu bisa pilih motif batik yang tidak begitu ramai dengan warna-warna yang netral.

  1. Batik Lengan Pendek

Mengenakan batik lengan pendek ke acara pesta pernikahan bukan menjadi suatu masalah kok. Dengan batik lengan pendek kamu lebih terkesan casual dan santai. Kamu bisa padu padankan dengan sneakers kesayanganmu lho.

  1. Jas/Blazer

Pilihan jas formal atau blazer bisa juga jadi alternatif untuk baju pesta. Dengan setelan jas dan kemeja akan membuatmu terlihat lebih dewasa dan stylist. Apabila kamu melilih blazer dan kaos tampilanmu cenderung lebih santai.

Itu tadi beberapa gaya pakaian yang bisa kamu kenakan saat pesta. Apapun pilihanmu, kamu harus selalu terlihat percaya diri.

Batik, Fashion, Lifestyle

Mengenal Motif Batik yang Dikenakan Maskot Asian Games 2018

Perhelatan Asian Games 2018 telah usai, tetapi keriaannya memang patut untuk dikenang. Selain perjuangan para atlet dari berbagai negara, Asian Games telah memberi energi positif bagi rakyat Indonesia. Ternyata olahraga dapat mempersatukan kita semua.

Satu hal lagi yang patut untuk dikenang adalah Maskot Asian Games 2018 : Bhin-bhin, Atung dan Kaka. Ketiga maskot Asian Games mencerminan nilai keberagaman di Indonesia, termasuk diantaranya motif-motif batik dari beberapa suku atau daerah di Indonesia.

Yuk kenali motif batik yang dikenakan ketiga maskot Asian Games 2018.

Motif Asmat

Bhin-bhin si burung Cendrawasih dengan rompi bermotif khas suku Asmat. Motif batik asmat terinspirasi dari ornamen atau motif ukiran kayu tradisional yang dipahat oleh penduduk suku Asmat. Ada pula ornamen atau motif yang menyerupai perahu atau wuramon. Motif batik asmat memiliki ciri khas berupa warnanya yang lebih cokelat dengan campuran warna tanah dan juga terakota (merah kecokelat-cokelatan).

Motif Tumpal

Atung si rusa bawean dari Jawa Timur mengenakan sarung dengan motif batik tumpal. Motif batik tumpal merupakan ragam hias dari batik pesisir yang membedakannya dengan batik keraton. Motif tumpal memiliki bentuk dasar segitiga sama kaki. Biasanya motif ini digunakan untuk hiasan pinggir atau tengah kain. Bagi kebanyakan masyarakat, motif tumpal memiliki filosofi sebagai penolak bala karena gambar segitiga runcing dilambangkan sebagai gigi buaya.

Motif Bunga

Kaka si badak bercula satu mengenakan pakaian dengan motif bunga khas Palembang. Salah satu batik khas Palembang adalah motif batik bunga teh dengan kainnya yang dipenuhi dengan gambar bunga teh segar. Batik Palembang memiliki ciri khas yang unik, yaitu tidak menggunakan gambar binatang dan manusia. Sehingga kebanyakan motifnya berupa tumbuhan dan bunga-bunga.

Batik, Fashion, Lifestyle

Jangan Sembarangan Pakai Motif Parang

BLOG

Batik merupakan warisan budaya bangsa yang telah diakui oleh UNESCO. Sejak saat itu kempanye untuk memakai batik sering disuarakan sebagai bentuk kecintaan pada tanah air. Di Indonesia terdapat ribuan motif batik. Setiap motif melambangkan simbol-simbol dan filosofi tertentu.

Salah satu motif batik tertua di Indonesia adalah Batik Parang yang sudah ada sejak era Keraton Mataram Kartasura. Motif Batik Parang disebut sebagai “ageman luhur” karena pada masa itu motif parang hanya boleh dikenakan oleh Raja, Permaisuri, keturunannya hingga para bangsawan dan bupati.

Batik Parang memiliki ciri bentuk miring diagonal 45 dengan susunan motif yang membentuk seperti huruf S. Susunan motif S jalin-menjalin tidak terputus melambangkan kesinambungan. Bentuk dasar huruf S diambil dari ombak samudra yang menggambarkan semangat yang tidak pernah padam. Batik Parang juga menjadi lambang kekuasaan, kebesaran, kewibawaan, dan kecepatan gerak.

Seiring perkembangan, Batik Parang muncul dalam beberapa jenis, seperti Parang Rusak Barong, Parag Klitik, Parang Slobog, dan Parang Gendreh. Motif Parang Rusak Barong merupakan parang yang paling besar dan agung. Motif Parang Rusak Barong ini hanya boleh dikenakan oleh raja, khususnya saat acara keagamaan dan meditasi. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali mengenakan motif Parang Rusak Barong di lingkungan Keraton.

Itulah beberapa info terkait Batik Parang. Dalam pembuatannya setiap motif memiliki maksud, harapan, dan tujuan masing-masing.

Fashion, Lifestyle

Sejarah T-Shirt / History of T-Shirt

2

Selamat Sore teman-teman FBW-ers…kami mau bagi-bagi Fun Fact nih.

FBW Fun Fact kita yang pertama adalah tentang T-Shirt atau yang kita sering sebut Kaos Oblong ini 😆👕👚

Jadi sejarahnya Kaos ini dinamakan T-Shirt dikarenakan bentuknya yang seperti huruf T lho 🧐

Dan kata T-Shirt sendiri muncul pertama kali di kamu Merriam-Webster di tahun 1920📚

Jadi desainkaos yang kalian pake sekarang ini umurnya sudah hampir 100 tahun 🤓

Sepertinya sudah layak kaos-kaos kita ini dibikinkan museum yach 😆

#fbwfunfact #fbw #fbwfashion
#fbwstyle #fashionbatikworld#friendsbroswomen #Tshirt #Kaos

Batik, Fashion, Lifestyle

Tips Perawatan Batik Print

Foto cara perwatan

HELLO AGAIN FBW lovers!!

Di jaman sekarang ini pasti setiap orang memiliki baju batik printing. Namun beberapa orang masih belum paham bagaimana cara merawat baju batik printing mereka dengan baik.

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mencuci baju batik printing kesayangan kamu dengan benar!

Untuk cara mencuci dengan tangan (handwash):

  1. Jangan menggunakan detergen biasa. Gunakanlah sabun pencuci batik yang dijual di pasaran, atau lebih gampangnya lagi, pakailah shampoo rambut kamu sebagai “sabun cuci”.
  2. Larutkanlah shampo kedalam air (temperatur ruang atau hangat), sampai tidak ada bagian yang mengental. Lalu rendamkan baju anda selama 15 menit.
  3. Setelah 15 menit di rendam, di bilas lah dengan lembut tanpa menggosok atau menyikat baju batik printing kamu.
  4. Bila ada noda yang perlu di hilangkan, gunakan lah kulit jeruk dan di usapkan di bagian yg bernoda.

Cara merawat Baju Batik Printing kesayangan kamu:

  1. Jemurlah baju kamu dengan posisi jahitan terbalik. Jangan terkena sinar matahari langsung agar membantu warna baju lebih awet.. Pada waktu mengeringkan, jangan diperas terlalu kencang.
  2. Lapisi batik anda dengan kain lain sebelum di setrika. Hal ini menghindari panas langsung dan zat kimia yang biasanya disemprotnya sebagai pewangi atau pelembut kain yang bisa merusak warna batik
  3. Jangan menggunakan kamper karena bisa merusak kain, gunakan merica yang dibungkus tissue, lalu letakan dekat batik anda.
  4. Hindari menggunakan parfum karena zat kimia yang terkandung didalam parfum dapat merusak kain kamu.

Nah tadi adalah cara yang di perlukan agar batik anda awet dan warnanya tidak pudar. Semua caranya gampang kan?

 

Source:

  1. tips-merawat-baju-batik-printing.html
  2. cara-merawat-batik-printing.html
Batik, Lifestyle

Top 5 Motif Batik Terpopuler Se-Indonesia

Batik Sogan

Batik, tentunya setiap orang pasti memilikinya bukan?

Batik biasanya dikenakan untuk acara formal bahkan pernikahan. Harga batik beraneka ragam, dari yang murah hingga mahal, beberapa dari mereka rela mengerluarkan uang yang bisa di bilang tidak sedikit untuk bisa mendapatkan batik yang mereka inginkan. Batik menjadi kebanggaan tersendiri tiap kali Anda mengenakan baju batik.

Indonesia memiliki banyak sekali motif batik, hampir setiap daerah memiliki batik dengan ciri khas tertentu. Motif tersebut menggambarkan ciri khas daerah masing-masing.

Apa saja sih motif batik yang paling di gemari masyarakat Indonesia?

Simaklah 5 motif terpopuler dibawah ini!

1.Motif Batik Sogan

Batik motif Sogan adalah salah satu jenis batik yang paling sering di Indonesia, dimana khas dengan unsur tradisional yang kental masih melekat pada motif ini. Batik Sogan identik dengan daerah yogja dan Solo. Dominasi warna batik sogan adalah gelap seperti hitam dan coklat.

Sumber: bajubatiksolo.net

2. Motif Batik Tujuh Rupa

Sumber: gadis. co.id

Citi khas dari batik tujuh tujuh rupa ini adalah menonjolkan nuansa kekayaan alam. Umumnya batik tujuh rupa ini menampilkan bentuk motif hewan dan tumbuhan. Motif batik tujuh rupa berasal dari Pekalongan.

3.Motif Batik Mega Mendung

Salah satu Motif Batik Mega Mendung | kliping.co

Motif Batik berbentuk seperti awan dengan corak warna yang menggambarkan nuansa mendung. . Biasanya motif batik Mega Mendung yang kita jumpai, didominasi dengan warna biru, putih, dan abu-abu yang menggambarkan warna langit ketika sedang mendung.

Motif batik berasal dari Cirebon.

4. Motif Batik Kawung

Motif Batik Kawung | batiktulis.com

Motif batik kawung bericirikan motif yang berjejer rapi secara geometris.

Disebut kawung karena memliki pola bulatan mirip buah Kawung atau lebih dikenal dengan  kolang-kaling.

Kawung merupakan batik yang berasal dari Jawa Tengah dan Solo.

5. Motif Batik Parang

Motif Batik Parang | kesolo.com

Motif batik parang diciptakan oleh pendiri Keraton Mataram. Pada jaman dulu motif parang hanya boleh dikenakan oleh raja dan keturunannya.

Motif batik Parang membentuk seperti huruf S, saling terkait satu dengan lainnya, melambangkan sebuah kesinambungan.

Motif batik Parang merupakan batik asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman keraton Mataram Kartasura (Solo).

Nah, itulah top 5 motif batik ter-populer di Indonesia, pasti kalian semua pernah kan melihat nya? Tahukah kalian, untuk mendapatkan baju-baju batik yang kualitas bagus dengan bermacam variasi, tidak perlu ke kota-kota asal mereka dibuat lho!

Kami dari FbwFashion menyediakan selalu baju batik yang sangat keren dengan harga terjangkau, ditunggu kehadiran nya di website kami ya!