Fashion, Lifestyle, Travel, Uncategorized

Belum Kekinian Kalo Gak Gaya Hypebeast!

Bagi kalian kaum millenials pasti tak asing lagi mendengar kata hypebeast. Yups, hypebeast merupakan istilah yang seringkali digunakan pada anak-anak kekinian. Menurut salah satu kamus daring Urban Dictionary memberikan dua makna dari kata ‘hypebeast’. Makna pertama hypebeast mengacu pada anak muda yang mengoleksi pakaian, sepatu, dan aksesori demi terlihat keren di depan orang lain.

Pada postingan OOTD (Outfit Of The Day) ala selebgram, seringkali mengenakan tagar hypebeast dengan foto berlatarkan outfit yang mereka kenakan. Hypebeast sejatinya berasal dari kata hype yang bermakna menggilai. Jadi, hypebeast sendiri tertuju pada anak muda yang menggilai fesyen. Biasanya anak muda  hypebeast tak tanggung-tanggung dalam meronggoh kocek lebih untuk membeli outfit yang keren dan tentunya original. Bisa dibilang kalangan hypebeast sangat up to date dengan tren fashion masa kini.

Kalangan hypebeast biasanya berpenampilan dengan mengenakan kaos, jeans,  tak lupa sneakers keren dari merek-merek ternama di dunia dan dengan tambahan pemanis seperti sunglasses, topi hingga jacket. Harga sneakers yang dipakai pun bisa dari jutaan hingga ratusan juta rupiah. Kemudian kalangan hypebeast juga mengunggah foto OOTD mereka di media social agar mereka semakin diakui dan dikenal oleh masyarakat.

Nah, kalo kamu termasuk anak hypebeast gak nih guys? Daripada menghabiskan uang dengan outfit yang mahal, kamu juga bisa loh bergaya hypebeast dengan minimum budget. Salah satunya dengan mengenakan product local yang keren dan berkualitas. Caranya gampang kamu tinggal klik www.fbwfashion.com dan cari outfit kesukaanmu dari mulai tshirt sampai jeans, semua ada! Yuk buruan order dan cek sekarang!

Author/Editor: Rista Rahmaini
Graphic Designer: Fitri Gusniawati

Batik, Fashion, Lifestyle, Uncategorized

Yuk, Kenali Ragam Kain Nusantara Yang Dikenakan Dalam Acara Adat!

Indonesia memiliki seni dan budaya yang amat beragam. Dari mulai upacara adat, pernikahan, hari besar dll. Nah, dalam setiap situasi acara seperti itu, banyak syarat dan ketentuan yang harus kita ikuti, contohnya dalam hal berpakaian. Di beberapa daerah memiliki kain khusus untuk dikenakan pada saat situasi acara tersebut. Simak yang berikut ini yuk, untuk tau lebih lanjuut

  1. Kain Gringsing

Kain Gringising berasal dari daerah Tenganan, Bali. Kain Gringsing sendiri berasal dari  kata gring yang berarti “sakit” dan sing yang berarti “tidak”.  Jika digabungkan menjadi ‘tidak sakit’. Maksud yang terkandung di dalam kata tersebut adalah seperti penolak bala. Di Bali, berbagai upacara, seperti upacara potong gigi, pernikahan, dan upacara keagamaan lain, dilakukan dengan bersandar pada kekuatan kain gringsing.

  1. Kain Ulos

Kalian pasti tidak asing dengan kain yang satu ini. Kain Ulos adalah kain adat tradisional yang dibuat dan dikembangkan secara turun temurun pada masyarakat Batak yang ada di Sumatera Utara. Nah, Ulos  sendiri dalam bahasa batak berarti kain. Ulos dikenakan di dalam bentuk selendang atau sarung, yang biasanya kerap digunakan pada perhelatan resmi atau upacara adat Batak.

  1. Kain Kuning

Nah, kalau kain yang satu ini berasal dari Banjarmasin, Kalimantan. Kain kuning ini digunakan dalam acara pernikahan, seperti pakaian adat pengantin Banjar. Kain Kuning ini juga digunakan dalam upacara adat  dan perayaan sakral lainnya.

  1. Kain Samping (Songket)

Kain samping atau songket berasal dari Melayu. Pemakaian kain samping atau songket ini biasanya digunakan pada saat acara pernikahan atau acara sakral lainnya. Adapun tata cara pemakaiannya yaitu untuk perjaka atau anak-anak dipakai diatas lutut, sedangkan untuk yang sudah beristri dipakai hingga batas tempurung lutut dan lain halnya dengan orang yang memiliki kedudukan atau pemimpin penggunaannya pun dibawah lutut.

Nah, sungguh beragam ya kain-kain nusantara guys. Mari cintai budaya Indonesia, dimulai dari hal kecil salah satunya dengan mengenakan batik. Temukan koleksi batik kesukaanmu hanya  di Fashion Batik World.

Author/Editor: Rista Rahmaini
Graphic Designer: Fitri Gusniawati

Fashion, Lifestyle, Travel, Uncategorized

Fashion Style Dari Benua Afrika Yang Mendunia

Uganda, Kenya, Ethiopia dan Marocco pernah mendengar nama dari salah satu negara tersebut? Ya, beberapa negara tersebut merupakan negara yang terletak di benua afrika. Selain ciri khas dari penduduknya yang berkulit hitam, masyarakat di benua afrika juga tak ketinggalan soal fashion. Masyarakat di Afrika menyukai pakaian dengan motif etnik yang beragam. Ini tentunya jadi ciri khas tersendiri yang menjadikan fashion Afrika berbeda dari fashion dari negara lainnya. Adanya aneka motif yang colorful juga memberikan kesan ‘hidup’ pada penampilan sehingga tidak terkesan membosankan.

Trend fashion yang terkenal berasal dari benua afrika ialah Afropolitan. Afropolitan merupakan dari  gabungan dua kata African dan cosmopolitan. Style dalam fashion ini menggabungkan bahan tradisional dari Afrika dengan gaya kontemporer Western. Trend fashion Afropolitan dikenal sebagai symbol kebebasan dan kemerdekaan dari benua afrika, maka dari itu motif dari Afropolitan pun terkenal nyentrik dan unik  dengan ragam corak dan warna yang sangat kaya.

Tahukah kalian motif tribal, motif tribal termasuk dalam gaya Afropolitan. Motif tribal ini identic dengan motif yang bertabrakan, ramai dengan menggunakan warna-warna yang berani. Berbeda dengan fashion style lainnya yang cenderung senada, tidak berlaku pada motif tribal yang mengutamakan pattern yang tak beraturan. Motif tribal Afrika didominasi dengan corak pola kulit binatang  khas dari Afrika.

Beberapa desainer pelopor Afropolitan ialah Ayya Morison, Duro Olowu, Hazel Aggrey, dan Korlekie yang sudah mendunia dengan karya-karyanya. Nah, kita harapkan, batik juga bisa mendunia dengan pesat ya guys! Ayo kenakan batikmu sebagai lambang cintamu pada ibu pertiwi. Temukan ragam batik favoritmu hanya di Fashion Batik World!

Author/Editor: Rista Rahmaini
Graphic Designer: Fitri Gusniawati

 

Uncategorized

Pesona Batik Sasambo Khas Nusa Tenggara Barat

Batik merupakan kerajinan tangan khas Indonesia, batik identik berada di pulau Jawa namun tak hanya pulau Jawa. Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat) yang biasa dikenal dengan pulau seribu masjid juga memiliki batik. Batik khas Lombok, disebut juga Batik Sasambo yang merupakan akronim dari Sasak (lombok), Samawa (Sumbawa) dan Mbojo (Bima) adalah tiga suku besar yang menghuni Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Batik Sasambo, memiliki empat motif utama, serta berbagai perpaduannya, diantaranya, Motif Sasambo motif Made Sahe (mata sapi), motif Kakando, serta motif Uma Lengge (rumah tradisional dengan kubah yang berbentuk kerucut). Motif lainnya ialah motif Lumbung Raja Bima, Kerang, daun Pepaya, Daun Bebele (semacam pegagan) serta tokek yang merupakan hewan keberuntungan di Lombok. Warna Batik Sasambo ini beragam, merah, oranye, biru gelap dan lain sebagainya. Sedangkan motif batik Sasambo yang paling digemari oleh masyarakat untuk di beli adalah motif Kangkung yang berwarna merah berpadu kuning keemasan. Lombok sendiri tekenal dengan pelencing kangkungnya. Proses pembuatan batik Sasambo masih menggunakan teknik tradisional, hamper sama seperti pembuatan batik pada umumnya hanya saja ada yang unik dari cara pewarnaan batik Sasambo ialah ketika pelepasan warna, potongan besi yang ujungnya sudah dipanaskan akan ditempel di kain untuk melepas bahan lilin sebagai pemisah warna di batik Sasambo.

Di NTB, pemerintah NTB mewajibkan pengenaan batik Sasambo pada PNS, karyawan swasta maupun murid sekolah guna turut serta melestarikan kerajinan tangan khas NTB yang satu ini. Nah, kalo kalian sudah ikut melestarikan batik belum? Yuk lestarikan warisan budaya kita, salah satunya dengan mengenakan batik. Temukan batik kesukaanmu hanya di Fashion Batik World.

Author/Editor: Rista Rahmaini
Graphic Designer: Fitri Gusniawati

Fashion, Lifestyle, Travel, Uncategorized

Ini Lho, Kota Fashion Ternama Di Dunia

 

Selain dilihat dari sisi tata letak kota, sebuah kota juga dapat memegang peranan penting dalam perkembangan pesat atau mundurnya suatu industri, misalnya industri fashion. Ditambah pada zaman kini, industri fashion berkembang sangat pesat, mode-mode yang ditawarkan pun beragam. Nah, mau tau kota apa saja di dunia yang terkenal dengan industri fashionnya? simak yang berikut ini yukk!

  1. New York
    New York merupakan kota pusat belanja di dunia. Negara yang terkenal dengan jeans atau denim ini menjadi kota pusat fashion di dunia selain kota Paris. New York juga kerap kali menyelenggarakan Fashion Week. New Fashion Week diselenggarakan setiap tahunnya pada bulan Februari dan September.
  2. Paris
    Paris yang merupakan ibukota dari negara Perancis ini juga menjadi kota fashion di dunia. Beberapa desainer ternama pun berasal dari negara ini seperti Theiry Mugler, Pacco Rabanne, Nina Ricci, Jean Paul Gaultier, Yves Saint Laurent, Christian Dior, dan Coco Chanel. Paris juga kerap kali menggelar fashion week setiap tahunnya.
  3. Milan
    Milan merupakan salah satu kota yang paling berperan dalam industri mode. Pasalnya, Milan memiliki lebih dari 50 sekolah mode populer yang dapat meningkatkan kualitas dan kreativitas para desainer muda di kota tersebut. Milan juga memiliki pekan mode terbesar di dunia yaitu Milan Fashion Week yang hanya bisa diisi oleh produsen mode elit yang tampil di dalamnya. Misalnya saja Gucci, Prada, Dolce & Gabbana dan Roberto Cavalli.
  4. London
    Kota yang terkenal dengan beberapa landmarknya seperti Big Ben dan London Bridge ini juga merupakan kota fashion di dunia. London juga merupakan kota yang rutin menggelar Fashion Week setiap tahunnya, bagi pecinta fashion pasti tak akan melewatkan berbelanja di Oxford Street, disana terdapat beberapa Department store dari brand papan atas seperti Selfridges, Knightsbridge dan Harrods.
  5. Tokyo
    Beralih ke negara Asia, Tokyo yang merupakan ibukota dari negara Jepang ini merupakan kota fashion yang terkenal dengan gaya harajuku style. Gaya yang nyentrik, unik dan eksentrik merupakan ciri khas dari kota fashion yang satu ini. Pusat perbelanjaan yang terkenal di kota ini terdapat di Harajuku dan Shibuya. Tokyo sebagai pusat negara Jepang menjadi kota lahirnya brand Comme des Garcons, Yohji Yamamoto, Junya Watanabe, dan Issey Miyake.

Author/Editor: Rista Rahmaini
Graphic Designer: Fitri Gusniawati

Fashion, Travel, Uncategorized

Kain Gringsing, Kain Tenun Khas Dari Pulau Dewata

Pulau dewata sangat identik dengan wisatanya yang beragam dari mulai pantai, gunung, wisata belanja dan hiburan lainnya rasanya begitu akrab di kota yang satu ini. Namun, tak hanya terkenal dengan beragam wisatanya, Bali juga terkenal dengan budayanya yang cukup kental. Salah satu warisan budaya dari kota ini ialah kain tenunnya, yaitu kain gringsing.

Kain Gringising berasal dari daerah Tenganan, Bali. Kain Gringsing sendiri berasal dari  kata gring yang berarti “sakit” dan sing yang berarti “tidak”.  Jika digabungkan menjadi ‘tidak sakit’. Maksud yang terkandung di dalam kata tersebut adalah seperti penolak bala. Di Bali, berbagai upacara, seperti upacara potong gigi, pernikahan, dan upacara keagamaan lain, dilakukan dengan bersandar pada kekuatan kain Gringsing.

Proses pembuatan kain Gringsing menggunakan teknik dobel ikat, yang hanya ada satu di Indonesia dan teknik pewarnaannya pun masih menggunakan pewarna alami seperti kemiri, kulit kayu mengkudu, dan daun indogi. Proses pembuatan kain Gringsing ini pun memakan waktu cukup lama dari dua sampai lima tahun, maka tak heran kain Gringsing khas dari daerah Tenganan Bali ini dibandrol dengan harga puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah.

Motif dari kain Gringsing ini pun diilhami menyimbolkan Trimurti dalam agama Hindu. Warna merah melambangkan Brahma sebagai pencipta, warna hitam melambangkan Wisnu sebagai pemelihara, dan warna merah melambangkan Siwa sebagai pelebur. Diharapkan orang-orang yang mengenakan kain Gringsing selalu mengingat dan memposisikan Tuhan sebagai prioritas utama di dalam dirinya serta selalu bersifat rendah hati karena manusia hanyalah komponen kecil dari penciptaan semesta.

Berniat untuk mengkoleksi kain yang satu ini? Kalian bisa menemukannya dengan berkunjung  ke desa Tenganan, Bali. Bagi kalian pecinta batik, kalian juga bisa menemukan koleksi batik favorit kalian di Fashion Batik World. Tunggu apalagi, cek sekarang juga!

Author/Editor: Rista Rahmaini
Graphic Designer: Fitri Gusniawati

Fashion, Lifestyle, Travel, Uncategorized

Menelusuri Jejak Fashion Di Kota Paris

Paris? Siapa yang tak asing dengan kota ini. Ibukota dari negara Perancis ini memiliki julukan City Of Light atau Kota Cahaya hal tersebut dikarenakan Paris merupakan kota pertama yang menggunakan listrik atau penerangan di dunia. Selain itu Paris juga terkenal dengan mode-mode fashionnya. Industri fashion berkembang pesat di kota ini.

Beberapa desainer ternama pun berasal dari  Paris seperti Theiry Mugler, Pacco Rabanne, Nina Ricci, Jean Paul Gaultier, Yves Saint Laurent, Christian Dior, dan Coco Chanel. Perkembangan Industri fashion juga mempengaruhi fashion style penduduk di Paris. Masyarakat Paris sangat mementingkan gaya. Gaya berpakaian ala orang Paris sangat stylish, wanita Perancis suka mengenakan pakaian dengan berlapis-lapis atau layering. Misalnya, menggunakan jeans dengan blus kain atau sweater dan ditambah syal.

Paris juga terkenal dengan istilah Houte couture yaitu supremasi fashion, level rancangan paling tinggi. Rancangan Houte couture membutuhkan teknik yang rumit, mulai dari pemasangan payet, mutiara dan taburan kristal secara berkala. Beberapa rumah mode dunia yang tergolong dalam konsep Haute Couture adalah Chanel, Christian Dior, Jean Paul Gaultier, Givenchy, dan masih banyak lainnya.

Untuk kalian para pecinta fashion, berwisata belanja di kota Paris jangan sampai terlewatkan. Pusat Perbelanjaan yang bisa kalian kunjungi adalah Louvre and Tuileries District, Boulevard and The Grands Boulevards, Paris Department Stores District – Boulevard Haussmann, Avenue Montaigne and The Champs Elysees, Saint-Ouen Flea Market, dan Les Halles dan Rue de Rivoli. Kunjungi Paris di bulan Juli jika kalian ingin merasakan sensasi belanja barang diskon, karena pada bulan tersebut terdapat summer sale. Banyak diskon yang ditawarkan pada bulan Juli dari beberapa Brand seperti Zara, H&M, Mango, dan lain-lain, mereka mengadakan diskon besar-besaran sampai 75%.

Nah, jadi sudah siap merencanakan wisata belanja ke Paris? Eitss..tapi ga perlu jauh-jauh kok, kalian juga bisa menemukan outfit kesukaan kalian di Fashion Batik World. Yuk cek sekarang!

 

Author/Editor: Rista Rahmaini

Fashion, Lifestyle, Travel

Tips Gaya Mengenakan Stripe T-shirt

Source:pinterest
Source:pinterest

Hai sobat FBW!  kalian pasti punya  beberapa koleksi striped t-shirt yang lagi booming  belakangan  ini di lemari pakaian kalian, selain model striped t-shirt ini  menarik, striped t-shirt  juga gampang banget untuk di mix and match! Simak dan ikuti  beberapa tips berikut ini yuk!

  1. Kulot

Kulot, kalian pasti tidak asing lagi kan dengan celana yang satu ini. Celana dengan bentuk lebar dibagian bawah ini sedang amat digemari oleh kaum hawa. Kalian bisa memadukan atasan stripe t-shirt dengan kulot untuk tampilan casual dan stylish.

  1. Basic Outerwear

Nah, kalo kalian ingin tampil diacara semi  formal atau ingin terlihat lebih rapih namun tetap fashionable kalian bisa juga mengkombinasikan stripe t-shirt  dengan basic outer berwarna netral seperti hitam, putih, abu-abu, atau coklat cream.Biar penampilan kamu kelihatan tambah elegan!

  1. Rok

Untuk kalian yang ingin tampil feminim dan classy, kalian bisa padupadankan stripe t-shirt dengan skirt kalian juga lho! Padukan atasan stripe t-shirt dengan bawahan rok berwarna cerah seperti hijau, kuning, merah, atau serasikan dengan salah satu warna stripe t-shirt kalian  seperti hitam atau putih dan jangan lupa pakai sepatu dan tas dengan warna senada. Penampilan kalian jadi tambah manis deh!

  1. Jaket Denim or Jeans

Jaket denim atau jeans juga bisa jadi pilihan kalian, untuk makin terlihat keren dan modis. Padukan stripe t-shirt dengan jaket denim dan sepatu sneakers kesayanganmu.Cocok sekali untuk menemani aktivitas outdoor kamu supaya tak kepanasan terkena terpaan terik sinar matahari.

  1. Skinny Jeans

Buat kalian yang suka penampilan simple dan casual. Padukan stripe t-shirt dengan skinny jeans berwarna hitam,putih atau biru. Skinny jeans bisa  jadi pilihan yang tepat untuk kalian apalagi dikenakan ketika santai bersama sahabat atau travelling karena kalian akan bebas kesana kemari dengan nyaman dan ga ribet.

Nah, dari kelima tips diatas kalian bisa terapkan di aktivitas sehari-hari kalian lho sobat. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa tetap jadikan FBW Fashion #YourPartnerInStyle.

Author/Editor: Rista Rahmaini

Fashion, Lifestyle, Travel

Tips Memilih Outfit Saat Travelling

Sudah mulai suntuk dengan aktivitas sekarang? Mungkin saatnya kamu meluangkan waktu untuk liburan. Selain memilih destinasi wisata, memilih busana yang nyaman saat liburan juga menjadi hal yang tak kalah penting. Agar gayamu tetap fashionable saat difoto nanti, FBW Fashion bakalan kasih tips memilih outfit buat traveling.

  1.    Kenakan pakaian yang longgar

Sebaknya jangan mengenakan baju ketat saat liburan. Jeans ketat atau jaket yang ketat akan membuatmu tidak leluasa untuk bergerak. Kenakan baju-baju yang lebih longgar agar kamu tetap nyaman saat liburan. Kamu bisa memadukan kaos juga celana trainingmu dengan sepatu kets favoritmu untuk menambah kesan sporty.

  1.    Kenakana pakaian dengan bahan yang jatuh dan ringan

Hindari pakaian dengan bahan yang berat karena akan memakan banyak tempat. Pakaian dengan bahan yang ringan dan jatuh akan lebih simpel. Dress berbahan kaos bisa jadi pilihan untuk menemani waktu liburanmu namun tetap menampilkan kesan yang menawan saaat bepergian.

  1.    Pakai sepatu yang nyaman, tanpa hak

Memakai sepatu dengan hak perlu dihindari ketika traveling. Akan lebih baik kalau kamu pakai sepatu flat atau sneakers yang nyaman. Selain bikin kakimu nggak sakit, juga membuatmu lebih fleksibel bergerak.

  1.       Bawa aksesoris seperti kecamata dan topi

Kacamata hitam dan topi bisa jadi fashion item yang boleh ketinggalan saat liburan. Kacamata dan topi dapat melindngi kamu di cuaca yang panas dan terik selain itu bisa membuat penampilanmu jauh lebih sylish.

Itu dia tips outfit saat liburan dari tim FBW Fashion. Kamu pastinya sudah memiliki pertimbangan masing-masing dalam memilih outfit, karena itu terkait dengan style dan kepribadian kamu dan yang paling penting adalah kamu merasa nyaman.

Fashion, Lifestyle

Daur Ulang Baju yang Sudah Tidak Terpakai Yuk!

Terlalu banyak pakaian yang menumpuk di lemari sering bikin pusing ya, gusy. Ternyata tidak sedikit yang memilih untuk membuang pakaian-pakaiannya. Padahal tindakan tersebut sangat berbahaya bagi lingkungan.

Pakaian-pakaian yang terbuang dan menumpuk di tanah ternyata melepaskan gas yang tergolong polutan udara, yang terdiri dari gas karbon dioksida dan metana. Selain itu, pakaian bekas yang dibuang bisa menjadi media berkembangnya bibit penyakit, dan dapat menyumbat saluran air sehingga menyebabkan banjir. Kamu nggak mau dong lingkunganmu tercemar dan menjadi sarang penyakit.

Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan pada pakaian bekasmu:

  • Kamu bisa daur ulang baju bekasmu menjadi barang baru dengan mengkreasikannya menjadi barang-barang serbaguna yang lebih bermanfaat. Seperti membuat keranjang serbaguna dari kaus bekasmu, mem buat tas ransel dari jeans bekas, dan sarung bantal dari kemeja yang sudah usang.

                                                   Kreasi Daur Ulang via pinterest.com

  • Berdonasi tidak hanya dalam bentuk uang. Kamu bisa mendonasikan baju-baju yang masih layak pakai ke badan sosial agar dapat disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Selain mengurangi isi lemari kamu sekaligus bisa berbuat baik untuk orang lain.

                                                                               Donasi Pakaian via situskartini.com

  • Kamu bisa menyumbangkan pakaian ke toko-toko yang memfasilitasi program recycle. Seperti yang dilakukan team FBW Fashion beberapa waktu yang lalu. Kami mengumpulkan pakaian yang sudah tidak terpakai dalam beberapa kantong kemudian kami membawanya ke H&M Gandaria City. Sejak tahun 2013, H&M menjalankan program mengumpulkan pakaian (garment collecting) yang dilakukan di seluruh dunia.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi jumlah pakaian yang dibuang ke tempat pembuangan sampah. Dengan mendaur ulang atau mendonasikan pakaianmu nilai guna mereka menjadi jauh lebih baik. Yuk daur ulang bajumu!

12